Senin, 01 Mei 2017

Baca Buku Rancangan Rumah : Desain kurang dari 100 juta

Membaca buku mengenai rancangan/desain rumah dengan harga kurang dari 100 juta ternyata membutuhkan waktu yang lama. Seminggu bahkan baru beberapa halaman yang dibaca. Bahkan, buku desain rumah ini sudah melebihi batas peminjaman di Perpustakaan Daerah Purbalingga.
Baca Buku Rancangan Rumah Desain kurang dari 100 juta

Buku Rancangan Rumah ini meliputi 22 desain rumah di bawah harga 100 juta rupiah pada kondisi tahun 2010 atau sebelumnya seperti tahun terbit buku ini. Meskipun demikian, rancangan rumah yang "murah" ini semoga masih relevan ataupun butuh penyesuaian sedikit terkait dengan harga alat dan bahan/material bangunan maupun ongkos pekerja seperti tahun 2017 ini.

Ke-22 rancangan/desain rumah dengan harga di bawah 100 juta ini meliputi : desaian rumah simpel berkesan terbuka, rumah etnik tipe 45, rumah taman yang sejuk dan nyaman, rumah flying roof 72, rumah tropis yang sejuk, rumah modern kontemporer, rumah jepang, rumah jengki, rumah etnik Bali, rumah mediterania, rumah minimalis tipe 45, rumah tropis, rumah kolam, rumah vernakuler, rumah boks, rumah tropis tipe 36, rumah mediterania tipe 36, rumah modern kontemporer tipe 36, rumah simpel tipe 36, rumah minimalis tipe 36, rumah etnik tipe 36 dan rumah klasik kolonial.

Kalau melihat dari desainnya, rancangan rumah ini memang berlaku untuk rumah-rumah minimalis atau rumah di lahan yang terbatas. Ada yang ukuran tanahnya 135 meter persegi sedangkan bangunannya 84 meter persegi, luas tanah 105 meter persegi dengan luas bangunan 72 meter persegi, bahkan untuk rumah Jepang pun hanya memiliki luas bangunan 52,25 meter persegi serta rumah jengki yang berukuran 45 meter persegi. Dengan terbatasnya lahan maupun ukuran  bangunan, aspek kenyamanan rumah ini tetap dipertahankan. Bukan sekedar tampilan yang dikedepankan melainkan juga aspek kesehatan, adanya ruang hijau, kemampuan mengatasi panasnya udara meski tanpa menghadirkan AC serta kenyamanan-kenyamanan yang lain.

Tentu saja, bukan hanya rancangan/desain dalam bentuk gambar semata. Dalam buku desain rumah ini juga dijelaskan filosofi dari rancangan rumah yang dibuat. Misalnya rumah taman yang sejuk dan nyaman berawal dari adanya isu green living dan global warming. Dan yang tak kalah pentingnya Rencana Anggaran Biaya dari desain rumah ini juga dijelaskan  secara praktis. Bahkan kalau tidak mau repot bisa cukup melihat biaya yang doibutuhkan tiap meter persegi.

Semoga bagi siapapun yang berniat membangun rumah dengan desain yang minimalis maupun sekedar mau merehab rumah yang ada akan bisa terinspirasi dengan membaca buku 22 desain rumah di bawah 100 juta rupiah. Kalau bagi saya sendiri, yang penting sudah saatnya buku ini harus segera dikembalikan ke perpustakaan daerah Purbalingga untuk diganti dengan buku bacaan lainnya.

Salam baca buku..

Daftar Blog Saya