Rabu, 27 Desember 2017

Buku Fiqih Gaul

Judul Buku : Fikih Gaul

Al-Asyhar, Thobieb
Fikih Gaul/Thobieb Al-Asyhar; Penyunting, Sakti Wibowo – Bandung, Syamil, 2005
X 168 hlm; 23,5 cm
ISBN : 979-3529-68-7
Penerbit : PT Syaamil Cipta Media
Cetakan keenam, April 2007


Persoalan remaja harus ditangani secara serius oleh seluruh potensi masyarakat. Kalau ada orang yang mampu berbuat sesuatu untuk memperbaiki remaja, walaupun sedikit, maka kelak dia haram masuk surga. Untuk itulah buku ini ditulis sebagai bentuk kesadaran akan tanggung jawab terhadap perilaku remaja.

Bagian Pertama 
BE COOL TEENAGER(Orang yang menyenangkan)

Pede, Beda dengan Nekad!
Dalam bahasan ini dibahas apa yang dilatih agar bisa pede
1. Belajar jadi orang yang bisa diandelin
2. Nggak suka bikin kaget
3. Empatik
4. Mengutamakan kepentingan bersama
Kiat agar tampil pede
1. Pelajari pengalaman
2. Rencanakan masa depan
3. Profesional
4. Berdoa

About Love
Agar tidak terjebak tipu daya cinta, kudu paham bedanya cinta sejati dan kebutuhan jasmani. Cinta sejati merupakan perwujudan dari naluri mempertahankan insting kemanusiaan. Agar cinta sejati sebagi naluri yang wajar tetap terjaga kesuciannya, perlu diperhatikan hal-hal berikut : a) jaga hati; b) jaga pandangan; dan c) jaga interaksi (hubungan pergaulan)

Menjadi Pembelajar Sejati
Bayangan keliru ketika menganggap pembelajar sejati sebagai orang yang tidak funky, nggak cool, nggak gaul, jutek, dan ngebetein banget. Ke mana pun dia pergi bawa buku, kumuh kayak  kutu.
Ciri-ciri pembelajar sejati :
1. Funky : pintar bergaul dan jeli membaca zaman
2. Cool : bija, menyenangkan bagi orang yang ada di sekitar.
3. Jazzy : gampang berimprovisasi, gak malu-maluin
4. Fun : gembira, nggak gampang sedih
5. Care : peduli pada nasib semua orang dan bahkan semua makhluk

Ramalan Bintang
Curahan Hati
Bohong, ke Laut Aja!
Mencari Sang Idola
My Beloved Parents
Malu dan Gengsi Itu Beda!

Bagian Kedua
BE A FUNKY TEENAGER
(Pandai Bergaul)
Aksesoris Cowok = Aksesoris Cewek?
Memakai Wig
Cicip Narkoba, No Way!
Terrpaksa Onani?
Ketika Sinyal Tegangan Tinggi
Tato
Buceri; Bule Cet Sendiri
Nggak Takut Aborsi
Hukum Islam Kejam
Zona Gaul
Sun Pipi Kiri, Sun Pipi Kanan
Judes n’ Gatek
Pilih Musik yang Sehat dan Aman
Bye, Bye… Nyontek!

Bagian Ketiga
BE A SMART TEENAGER
(Remaja yang Cerdas)
Bersuci is Beautiful
Shalat? So Pasti, Dong!
Healthy with Puasa
Berzakat, Why Not?
Keagungan Ibadah Haji
Kapan Harus Berjihad
Cermati Makanan dan Minuman Kamu

Yang mau tahu lebih lengkap isi buku ini, silahkan baca bukunya.






Daftar Blog Saya