Rabu, 03 Mei 2017

Baca Buku Membangun Rumah Idaman lengkap dengan RAB- nya

Membaca buku tentang rumah bagi saya memiliki nuansa yang berbeda. Apalagi lengkap dengan RAB-nya, salah satu bacaan yang saya hindari. Kalau melihat-melihat model-model atau gambar-gambar rumah sih oke. Tapi kalau harus sampai RAB nya ya nanti dulu.
Baca Buku Membangun Rumah Idaman lengkap dengan RAB- nya

Kemarin Sabtu (29/4), saya menyempatkan berjalan-jalan ke Gramedia Purwokerto bersama seorang kawan setelah ada acara kondangan. Selain membeli buku tentang pendidikan dan komputer, sekali-kali niat baca buku tentang hal lain. Ya buku Dari Tanah Jadi Rumah - Panduan Tepat Membangun Rumah Idaman yang ditulis oleh Ria Manullang ini yang saya dapatkan. Rumah idaman, rumah yang menjadi impian setiap orang untuk dapat menjadi tempat yang nyaman bagi seluruh keluarga. Dengan membangun rumah sendiri, mendesain sendiri, memilih bahan baku, mengatur budget (baca RAB) sendiri kita akan lebih leluasa baik dalam tahap pembangunan maupun pengembangan berikutnya.

Melalui buku Panduan Tepat Membangun Rumah ini kita akan dibimbing langkah demi langkah dalam membangun serta menghitung biaya yang dibutuhkan. Diawali dengan kegiatan persiapan, pekerjaan galian dan pondasi, pekerjaan dinding sampai akhirnya finishing. Langkah-langkah dalam membangun rumah ini dijelaskan secara rinci lengkap dengan anggaran biaya (RAB) nya. Dan ternyata asalkan mau sedikit berpikir atau menggunakan hitungan matematikan sederhana, besar kebutuhana alat dan bahan/material serta biaya yang dibutuhkan dapat ditentukan dengan mudah.

Dalam membangun rumah ini, secara umum dilakukan langkah-langkah sebagai berikut.
Pertama, perencanaan. Perencanaan yang dimaksud meliputi mementukan gambar desainn rumah, memilih lahan, memilih material serta mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
Kedua, kegiataan persiapan dan fondasi rumah yang meliputi kegiatan pembersihan lahan, memasang bouwplank serta membuat pondasi rumah
Ketiga, pekerjaan struktur beton rumah yang meliputi pekerjaan sloof rumah, pekerjaan kolom rumah, pekerjaan balok bangunan, pekerjaan ring balk, serta kanopi jendela.
Keempat, pekerjaan dinding bata merah dan pelesteran
Kelima, pekerjaan pintu dan jendela rumah
Keenam, pekerjaan atap, langit-langit dan atap rumah
Ketujuh, pekerjaan pengecatan dinding
Kedelapan, pekerjaan pengecatan dinding

Bagi siapapun yang berniat membangun rumah secara mandiri dan lebih leluasa, silahkan kuasai buku-buku tentang membangun rumah tentunya lengkap dengan rencana anggaran biaya (RAB)nya.
Salam baca buku..

Daftar Blog Saya