Sabtu, 31 Juli 2021

Buku Good is not Enough

Buku Good is Not Enough

Judul Buku : Good is Not Enough

Penulis : Frans Goldena

Penerbit : PT Elex Media Computindo

Tahun : 2020

ISBN : 978-623-00-1354-6

Hal : XIV + 104





Good is not  enough. Baik saja tidaklah cukup. Menjadi baik itu memang baik. Tetapi menjadi baik saja itu artinya Anda sedang membatasi diri, atau dalam bahasa yang lebih ekstrem, menutupi peluang Anda untuk menjadi untuk sesuatu yang jauh lebih besar dari yang sedang Anda rencanakan, pikirkan, dan nikmati saat ini. Karena merasa dan berpikir bahwa apa yang Anda miliki saat ini sudah baik, itu akan membuat Anda tidak lagi berpikir dan mengharapkan sesuatu yang lebih besar. Hidup tidak hanya bicara tentang sesuatu yang kecil. Tapi hidup harus bicara tentang orang lain, menjadi besar dan bermanfaat. Karena sekedar baik saja tidaklah cukup.
-----------------------------------------------------------------------------------------
Good is not enough atau baik saja tidaklah cukup merupakan salah satu motto hidup yang kusukai. Di samping ada motto lain, yang kukutip dari Tommy Page maupun Stephen R Covey. Tommy Page mengatakan "Without a dream the night would be black. Hold on to your dreams" serta “Most of us spend too much time on what is urgent and not enough time on what is important” (Stephen R. Covey).

Motto Good is not enough ini pun kuterapkan pada sekolah tempatku dulu bekerja. Waktu itu diterjemahkan sebagai baik saja tidak cukup. Baik itu harus bisa mempengaruhi yang lain. Baik itu bisa diterapkan. Baik itu harus menjual. Bahkan dengan ekstremnya waktu itu berpandangan bahwa keberhasilan yang telah dicapai harus dilupakan. Mari untuk berkarya membuat sesuatu yang baru. Tidak terlalu penting apa yang sudah dilakukan sebelumnya, tetapi bagaimana membuat perubahan-perubahan ke depan.

Mungkin terlalu kebetulan, akhirnya menemukan buku berjudul Good is not Enough ini di Gramedia Cilacap, di sela-sela acara pendampingan/lokakarya guru penggerak. Tanpa berpikir panjang buku ini saya ambil dan kubeli.

Isi dari buku ini, saya tuangkan dalam bentuk mind map atau peta konsep sebagai berikut.
mind map/peta konsep buku good is not enough

Tidak berlebihan jika buku Good is not Enough ini menjadi salah satu referensi untuk menentukan cara berbenah diri menuju batas maksimal, memberikan dorongan kuat untuk berhasil tanpa kompromi, serta mengajarkan nilai bersyukur dan balas budi melalui karya nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Comments

Postingan Acak

Pengikut

Back To Top