Rabu, 26 Juli 2017

Baca Buku Soal-Soal Relativitas - Olimpiade Sains SMA

Soal-Soal Relativitas - Olimpiade Sains SMA
Buku berjudul Relativitas ini saya dapatkan di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Purbalinga beberapa waktu lalu. Buku ini ditulis oleh Tim Penulis Buku Olimpiade Fisika dengan kata pengantar dari Prof. Yohanes Surya, Ph.D. Buku yang berisi soal-soal dan pembahasan mengenai relattivitas ini merupakan salah satu bahan ajar persiapan menuju Olimpiade Sains Nasional/Internasional. Tentunya bagi para pegiat lomba olimpiade baik bagi peserta maupun pembina, buku ini sangat layak untuk dibaca.

Ada 98 soal dan pembahasan dari buku Relativitas ini, yang memuat berbagai materi esensial dalam relativitas, yaitu :
- Kecepatan relatif
- Transformasi Lorentz
- Penambahan kecepatan
- Kontraksi panjang
- Dilatasi waktu
- Energi relativistik
- Momentum relativistik
- dll
Di samping itu, ada beberapa soal yang diberi judul khusus seperti Tongkat Pemberi Tanda, Tabrakan Roket, Kotak Foton, Kubus yang seakan terputar, Roket Relativitas, Kecepatan, Muatan di dalam medan listrik seragam dan berbagai judul lain. Wow..sangat menarik bukan?

Untuk dapat memahami buku ini, yang banyak memuat soal-soal yang kompleks, kita harus memiliki pemahaman yang memadai terhadap konsep relativitas. Transformasi Lorentz yang melandasi Teori Relativitas inipun dijabarkan dari soal-soal yang sederhana sampai soal yang kompleks dengan berbagai variasinya.

Berikut contoh soal dalam buku tersebut:
1. Sebuh radar bekerja pada frekuensi 109 Hz. Berapakan frekuensi pelayangan antara sinyal yang dipancarkan dengan sinyal yang diterima radar akibat pantulan dari mobil yang bergerak dengan kecepatan 30 m/s?

2. Dua kerangka inersial S dan S' berada dalam susunan standar. Kerangka S' bergerak dengan keceparan v terhadap kerangka S. Pada saat titik asal kedua kerangka (O dan O') berimpit, seberkas cahaya dipancarkan dari O dan O' sepanjang sumbu x dan x' positif. Cahaya tersebut dipantulkan oleh cermin M yang diam di S dan berjarak d dari O dengan bidang cermin tegak lurus sumbu x. Tiga peristiwa yang perlu diperhatikan adalah :
(1) Cahaya sampai di M
(2) Cahaya pantul sampai di O'
(3) Cahaya pantul kembali ke O

Hitung waktu terjadinya ketiga peristiwa ini dilihat dari kerangka S!
Gunakan transformasi Lorentz untuk menentukan waktu terjadinya ketiga peristiwa ini dilihat dari kerangka S'!
Tunjukkan bagaimana pengamat di S' akan menjelaskan pengamatannya tanpa mengacu ke kerangka S!

Jadi....
Bagaimana......
Kalau bikin bingun dan pusing, setidaknya buku ini bisa dijadikan sebagai sumber referensi saja. Atau bisa digunakan kelak kalau mengikuti kuliah khusus Relativitas.
Selamat membaca buku ini.
Selalu ditunggu kehadirannya di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Purbalingga

Daftar Blog Saya