Sabtu, 29 Juli 2017

Baca Buku Strategi Mengembangkan Organisasi Pembelajar di Sekolah

Buku Strategi Mengembangkan Organisasi Pembelajar di Sekolah ini saya dapatkan di Perpusda Purbalingga. Buku ini ditulis sebagai salah satu acuan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar. Organisasi pembelajar ini mengacu kepada upaya peningkatan kemampuan dan perubahan hasil secara terus menerus melalui belajar dengan keterlibatan individu, kelompok, dan organisasi.

Organisasi Pembelajar ini merupakan paradigma baru agar sekolah mampu meningkatkan kemampuannya, mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan-perubahan yang harus dihadapi. Di sinilah peran Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) untuk mengubah sekolah yang sebelumnya cenderung berposisi sebagai organisasi konvesional, yang sarat dengan kegiatan-kegiatan monoton, garing, statis, tidak punya visi yang futuristik.

Dalam buku Strategi Mengembangkan Organisasi Pembelajar di Sekolah ini dibahas hal-hal sebagai berikut :
- Desentralisasi pendidikan : Manajemen Berbasis Sekolah
- Institusi sekolah sebagai organisasi pembelajar (learning organization)
- Pedoman dan strategi pengembangan organisasi pembelajar (learning organization) di sekolah
Sebagai pedoman dalam pengembangan organisasi pembelajar ini perlu dipahami hal-hal berikut, yakni : kepemimpinan sekolah, budaya adaptif, struktur berbasis tim. strategi partisipatif (keterlibatan masyarakat), pemberdayaan staf/karyawan sekolah (employ empowerment), dan keterbukaan informasi.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca buku Strategi Mengembangkan Organisasi Pembelajar di Sekolah yang bisa di dapatkan di Perputakaan Daerah (Perpusda) Purbalingga.

Daftar Blog Saya