Kamis, 27 Mei 2021

Pendampingan Individu 5 Hari Pertama Guru Penggerak di SD N Pegadingan 07 Cipari Cilacap

Pendampingan Individu 5 Hari Pertama Guru Penggerak di SD N Pegadingan 07 Cipari Cilacap

Pendampingan Individu Hari Pertama Guru Penggerak di SD N Pegadingan 07 Cipari Cilacap

Kamis (27/05), kembali saya melakukan pendampingan individu 5 Program Guru Penggerak di Kabupaten Cilacap. Pada hari pertama ini, saya mengunjungi SD N Pegadingan 07 Cipari Cilacap. Selain dengan Pak Triyanto selaku CGP, saya juga bertemu dengan Ibu Soimah selaku kepala sekolah serta beberapa guru yang lain.

Pada pendampingan kali ini, kita berbincang-bincang mengenai pemetaan aset, khususnya di SD N Pegadingan 07 Cipari.  Ada 7 aset utama sebagai modal utama yaitu modal manusia, sosial, fisik, lingkungan, finansial, politik, agama dan budaya. Begitu menurut Green dan Haines (2002) dalam Asset Building and Community Development

Terkait dengan modal manusia ada guru dan tenaga kependidikan, siswa, komite, tim pengembang sekolah, pengawas, serta pemangku kebijakan lain. Terkait dengan aspek sosial yaitu adanya hubungan yang sangat baik antara warga sekolah maupun dengan masyarakat termasuk juga dengan lembaga-lembaga lain seperti TPQ maupun organisasi profesi/komunitas lain. Terkait dengan  modal fisik, SD N Pegadingan 07 juga memiliki sarana dan prasarana yang representatif. Misalnya tersedianya berbagai i alat peraga, TIK, ketersediaan WiFi, jaringan listrik dan sarana penunjang lainnya. Tentunya terpetakan juga modal-modal lain yang semuanya itu sangat menunjang kemajuan pendidikan sekolah.

Kami juga membahas perencanaan program yang berdampak pada murid. Bapak Triyanto merencanakan akan melatih kompetensi kepemimpinan pembelajaran pada semua kelas, baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Tujuan dari kegiatan ini adalah  untuk melatih peserta didik untuk memimpin maupun dipimpin. Program ini juga bermanfaat untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab, disiplin positif, bertoleransi serta kemampuan kecakapan dalam memimpin. 

Saya juga diajak untuk keliling sekolah dan ditunjukkan adanya suatu tempat yang sedang dibenahi agar menjadi rapi dan enak dipandang. Ada keinginan yang kuat dari Pak Triyanto untuk mengubah bagian dari "paling kumuh" dari sekolah untuk menjadi tempat yang favorit bagi siswa untuk bermain. Proses ini masih perintisan dan sedang berjalan.

Saya juga diajak untuk melihat secara langsung sebagian aset yang ada di sekitar sekolah yang dapat digunakan untuk mempercantik sekolah. Dengan pendekatan aset ini, sekolah tidak perlu menunggu adanya uluran tangan donatur baru membuat sesuatu. Tetapi bagaimana mengoptimalkan aset yang ada untuk digunakan sebagai bekal memajukan pendidikan, khususnya di SD N Pegadingan 07 Cipari Cilacap. 

Selamat untuk terus belajar dan berjuang!


Pendampingan Individu Hari Pertama Guru Penggerak di SD N Pegadingan 07 Cipari Cilacap
Bersama Bu Soimah, selaku Kepala Sekolah

Pendampingan Individu Hari Pertama Guru Penggerak di SD N Pegadingan 07 Cipari Cilacap
Diskusi selama pendampingan



2 komentar:

  1. Terimakasih Ilmu yang dapat hari ini tentunya untuk refleksi dan evaluasi saya bersama komunitas praktisi dalam rangka memajukan sekolah dalam menggali dan mengidentifikasi aset sebagai modal kekuatan sekolah kami. Berharap dari menggali, merintis akan tercapainya mimpi bersama semoga apa yang menjadi mimpi kita bersama dapat terwujud, semoga dengan mengoptimalkan 7 aset sumberdaya yang kami miliki akan lebih meningkatkan daya saing sekolah dan tentunya untuk kemajuan sekolah dalam rangka mewujudkan sekolah yang dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dengan megoptimalkan aset bukan kekurangan. Mari bersama memajukan Pendidikan Negeri ini, salam merdeka belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Potensi yang ada masih perlu terus digali sebagai modal untuk membuat perencanaan program yang berbasis data yang valid, dengan fokus pada kebutuhan dan kemampuan sekolah. Dan sudah saatnya program yang dirancang memuat pelibatan warga sekolah yang lebih luas lagi.

      Hapus

Daftar Blog Saya

Comments

Postingan Acak

Pengikut

Back To Top