Senin, 27 Maret 2017

Baca Buku Perpustakaan

Baca Buku PerpustakaanLebih sebulan, saya tidak ke Perpustakaan Daerah Purbalingga. Ya..tentu saja selalu punya tanggungan pinjaman. Kebiasaan buruk boleh jadi, pinjam  buku ndak bisa seminggu kembali. Entah dibaca entah tidak..bisa jatah pinjaman 2 buku bisa sebulan atau seringnya lebih.

Ada beberapa perubahan setelah lama tidak ke perpustakaan. Jumlah buku baru semakin banyak. Dan juga ada perubahan aturan bagi yang terlambat kehilangan hak meminjam buku untuk beberapa hari tergantung dari banyaknya hari  keterlambatannya.




Baca Buku PerpustakaanSelama ini memang kalau terlambat (yang pastinya hampir selalu terlambat), tetapi cukup membayar keterlambatan. Ya..hampir hapal petugasnya atas kebiasaan saya ini. Dipikir-pikir ya memang makin kesulitan mengatur waktu, ataupun semakin malas untuk rutin seminggu sekali ke perpustakaan.

Yang jelas hari ini saya pinjam dua buku, yang agak berbeda dari biasanya. Satunya berjudul Ragam Desain Rumah 100 - 300 Juta Masa Kini serta 110 Tokoh dengan Ide Gila yang Mendunia. Baru dibolak-balik sih kedua buku tersebut. Yang jelas kalau dari covernya menarik perhatian. Buktinya buku tersebut kelihatan olehku di antara ribuan koleksi buku lainnya.


Buku Ragam Desain Rumah 100 - 300 Juta Masa Kini selain memuat desain rumah-rumah khususnya buat tipe terkini (elegan, lahan terbatas, biaya terjangkau...hehehehe) juga memuat RAB nya. Ya bisa dong buat gambaran bagi yang mau bikin maupun renovasi rumah. Ya memang desain yang ada sekilas ukuran depan terbatas (7 - 10 m) tetapi ternyata ke belakang banyak desain untuk rumah yang memanjang (ada yang 12, 13, 15 m ...dan seterusnya yang jelas lebih panjang dari tanah yang saya punya). Dengan isi yang menarik plus cetakan bagus, kertas tebal licin/glossy plus gambar berwarna buku ini bisa bikin betah buat dibaca atau sekedar melihat gambar-gambarnya.

Sedangkan buku 110 Tokoh dengan Ide Gila yang Mendunia memuat berbagai ide-ide "out of box" dari berbagai bidang yang tentunya bisa mengubah dunia, setidaknya menimbulkan perhatian. Seperti ide membuat bensin dari udara, entah bagaimana teknisnya..saya agak lupa. Tapi yang jelas buku ini layak dibaca sebagai bacaan ringan yang sangat bermanfaat untuk memunculkan ide-ide segar maupun membuat kita termotivasi untuk membuat produk-produk yang inovatif.

Saya kira, minimal 2 buku tersebut yang akan saya baca dalam minggu ini. Dengan adanya aturan tidak bisa pinjam beberapa hari jika terlambat, saya agaknya harus mulai komitmen kembali satu minggu sekali datang ke perpustakaan, khususnya Perpustakaan Daerah Purbalingga.

Salam baca buku. Penuhi jiwa kita dengan buku-buku yang bergizi tinggi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya