Minggu, 18 Januari 2015

Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran

Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran

Judul buku : Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran
Penulis : Miftahul Huda, M.Pd
Penerbit : Pustaka Pelajar
Hal : xxiv +358
Cetakan I, April 2013
Cetakan II, September 2013
Cetakan III, Desember 2013
Cetakan IV, April 2014

Membaca buku Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran yang ditulis oleh Miftahul Huda ini membuat kepala berdenyut-denyut. Bukan karena tebal bukunya atau kompleks isinya. Tapi lebih karena merasa "kuper"-nya saya sebagai guru.

Ternyata begitu banyaknya model-model pengajaran dan model pembelajaran. Belum lagi di buku ini dibedakan sekali antara model pengajaran dengan model pembelajaran. 

Teringat akan suatu diskusi kecil dengan dosen UNS pada saat suatu diklat. Pertanyaan sang dosen sederhana. Ada berapa sih model pembelajaran? Berbagai jawaban dikemukakan oleh peserta diklat waktu itu. Ada yang menjawab 2, 3, lebih dari 10, banyak, bahkan 1 saja. Waktu itu mengkerucut pada 2 model, yaitu model pembelajaran yang berpusat pada guru dan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. 
Mantap juga pengelompokkan seperti itu, seolah-olah menyederhanakan dari sekian banyaknya model yang dikemukakan peserta diklat waktu itu.

Tapi, ternyata jawaban Sang Dosen pun sesederhana pertanyaannya. Bahwa jumlah model pembelajaran itu sebanyak jumlah guru yang ada. Busyet....(kena deh). Artinya kalaau ada guru sebanyak sepuluh, model pembelajarannya juga ada 10, jika ada 100 guru maka model pembelajarannya pun ada 100, begitu seterusnya.

Dalam buku tersebut dituliskan, bahwa pembelajaran sebagai perubahan perilaku. Dan pembelajaran sebagai perubahan kapasitas.  Sedangkan pengajaran adalah praktik menularkan informasi untuk proses pembelajaran. 

Dalam pengajaran, dikenal berbagai paradigma, seperti pengajaran sebagai common-sense, pengajaran sebagai seni, pengajaran sebagai ilmu terapan, pengajaran sebagai praktik reflektif, dan pengajaran sebagai kompetensi. Dalam pembelajaran, juga dikenal berbagai paradigma seperti pembelajaran sebagai rekonstruksi pengalaman, pembelajaran sebagai perkembangan kognitif, pembelajaran sebagai konstruksi sosiokultular, pembelajaran sebagai perekbangan ekologis dan selanjutnya.

Untuk selengkapnya, silahkan baca buku tersebut. Mau tahu apa itu strategi tari bambu, make a match, hibrid, problem base learning, SAVI, VAK, Mind Map dan masih banyak lagi materi yang bisa menjadi referensi bagi kita, khususnya bagi pendidik dan pemerhati pendidikan.



Daftar Blog Saya