Jumat, 27 Maret 2015

171 Resep Favorit Puding Dingin

171 Resep Favorit Puding Dingin
Sebanyak 171 Resep Favorit Puding Dingin dihadirkan dalam buku yang ditulis oleh Hanny Wahyono ini. Meskipun demikian, ke-171 resep puding ini dikelompokkan menjadi 5 kelompok besar, yaitu puding buah, puding karamel, puding roti, puding warna, dan puding susu.

Tak dinyana. Ternyata begitu banyak jenis-jenis puding yang bisa dibuat . Ini belum  melihat dari segi bentuk, seperti puding art yang sedang nge-tren saat ini, Tetapi sebelum ke arah pembuatan puding art, perlu dipahami dulu teknik dasar pembuatan puding termasuk berbagai variasi bahan yang bisa digunakan.



Berikut ini tips membuat puding yang dijelaskan pada buku tersebut.

  1. Sebelum adonan puding dimasukkan ke dalam loyang atau cetakan, basai dulu cetakan tersebut dengan air dingin. Hak ini bertujuan agar puding dapat mudah dikeluarkan dari cetakan.
  2. Untuk mencetak puding bisa menggunakan cetakan besar maupun cetakan kecil. Bedanya untuk jika menggunkan kecil maka proses pendinginnya lebih cepat.
  3. Jaaga agar air mendidih ketika merebus. Hal ini bertujuan agar puding tidak berlubang. Bila air mendidih kecilkan apinya. Aduk terus, jangan biarkan puding menggumpal.
  4. Agar susu dan santan dalam puding tidak pecah, masak puding dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih.
  5. Jika memasak puding menggunakan oven, maka siapkan loyang yang sudah dialasi serbet dan air hingga serbet terendam ke dalam air. Letakkan pinggan tahan panas yang berisi adonan puding di dalamnya, dan pastikan ketinggian air 2/3 dari tinggi pinggan.
  6. Untuk membuat puding berlapis, jangan menuangkan adonan puding ke atas puding yang terlalu keras. Hak ini akan menyebabkan lapisan puding mudah lepas dan tidak melekat sempurna. Tuang adonan lapisan puding saat lapisan bawah sudah setengah mengeras, yaitu ketika loyang puding digoyang lapisan bawahnya bergerak-gerak tetapi lapisan atas sudah berkulit.
Demikian tips membuat puding sebagai dasar untuk membuat berbagai jenis puding. Untuk puding buah ada 74 resep yang bisa dicoba, Mulai dari puding aprikot, puding tahu, puding beras, puding strwaberry, puding mangga, puding durian, puding nanas, puding sate dan sebagainya. Untuk puding karamel menggunakan berbagai jenis karamel seperti karamel jahe, karamel mokacino, karamel roti, karamel cokelat dan selanjutnya. Untuk puding roti bisa menggunakan roti isi kismis, roti tawar, roti pisang, tiramisu dan seterusnya. Untuk puding warna bisa berwarna abang-abang, coklat, coklat double cream, puding lapis selasih, puding gula merah, puding merah jambu dan seterusnya. Terakhir untuk puding susu meliputi puding santan, puding moka, puding kopi, puding mozaik, puding susu kedelai, puding es krim dan selanjutnya.

Silakan resep pembuatan puding dingin tersebut dicoba untuk mendapatkan cita rasa yang diinginkan. Baca buku 171 resep favorit puding dingin dengan cermat.
Selamat mencoba.

Daftar Blog Saya