Selasa, 05 Mei 2015

Drawing on the Right Side of the Brain

Drawing on the Right Side of the Brain - Betty Edwards
Drawing on the Right Side of the Brain ditulis oleh Betty Edwards. Buku ini menarik bagi yang ingin belajar menggambar. Kalau dilihat dari judulnya jelas, bahwa menggambar bisa dilakukan dengan memaksimalkan otak kanan. Yang artinya secara tersirat menggambar bisa dipelajari asalkan tahu tekniknya.

Pada bab 1 dijelaskan bahwa menggambar seperti naik sepeda, Sulit dijelaskan dengan kata-kata. Paling-paling kita mengatakan, langsung saja naiki sepedamu. Kayuh pedal. Jaga keseimbangan. Awalnya mungkin hanya beberapa kayuh saja. Lama-lama juga akan menjadi lancar. Atau ketika cara ini tidak berhasil, kemudian kita mencontohkan terlebih dahulu. Seterusnya, sampai akhirnya yang kita latih (anak sendiri misalnya) bisa mencoba sendiri dan kita tinggal mengawasinya.

Buku Drawing on the Right Side of the Brain ini terbagi menjadi 12 bab, yaitu :
1. Drawing and the Art of Bicycle Riding
2. Expressing Yourself in Drawing : The Nonverbal Language of Art
3. Your Brain : The Right and Left of It
4. Crossing Over : Experiencing the Shift From Left to Right
5. Drawin on Memories : Your History as an Artist
6. Getting Around Your Symbol System : Meeting Edges and Contours
7. Perceiving the Shape of a Space : The Positive Aspects of Negative Space
8. Branching Out in All Directions : Perspective in a New Mode
9. Fitting It All Together : The Place of Proportion
10. Facing Forward : Portrait Drawing With Ease
11. Moving Into the Third Dimension : Seeing Light, Drawing Shade
12. The Zen of Drawing : Drawing Out the Artist Within

Jelas, menggambar ini membutuhkan teknik. Bukan sekedar bakat semata. Meskipun bakat yang bagus diiringi dengan pendidikan/pelatihan yang bagus juga akan menjadikan seseorang menjadi pelukis yang luar biasa, Tetapi, bukan berarti hal ini menghalangi orang biasa menjadi pelukis yang baik. Tiap orang yang normal punya modal awal yang sama, yaitu bisa melihat secara normal dan mampu mengkoordinasikan tangan dengan pikiran/imajinasinya. Yakin, akan terbentuk lukisan yang indah.

Memang untuk itulah pendidikan/pelatihan menggambar/melukis diadakan. Termasuk juga tujuan dari penulisan buku ini, Baik bagi orang tua mapun guru bahkan bagi yang sedang belajar akan banyak mendapatkan manfaat dari membaca buku ini. Selamat membaca.

Daftar Blog Saya