Kamis, 15 April 2021

Hari Kedua Pendampingan Individu 4 SMP Negeri 1 Cipari Cilacap

Hari Kedua Pendampingan Individu 4 di SMP Negeri 1 Cipari Cilacap

Pendampingan CGP di SMP N 1 Cipari Cilacap
Bersama Bapak Imam Heriyanto, guru Penjasorkes SMP N 1 Cipari

Di hari kedua (14/04), saya melakukan pendampingan pada Bapak Imam Heriyanto, CGP yang mudah dan penuh semangat yang sekaligus guru Penjasorkes di SMP Negeri 1 Cipari. Sekolah tempat beliau bekerja sangat beruntung karena memiliki 2 CGP, satunya bernama Ibu Mudiyatun Sawiyah. Harapannya dengan adanya CGP sekaligus, maka sekolah tersebut akan lebih cepat melakukan transformasi pendidikan.

Pendampingan  kali ini membahas mengenai praktik coaching serta melakukan pembelajaran dengan diamati oleh teman sejawat. Teman sejawat yang menjadi mitranya adalah Ibu Tety, seorang guru yang terlihat sangat komunikatif. Ini terlihat pada praktik coaching yang dilakukan. 

Tema yang dibahas pada coaching tersebut adalah bagaimana mengatasi permasalahan pembelajaran online khususnya bagi siswa yang sampai sekarang belum terbiasa melalukan pembelajaran online baik karena keterbatasaan sarana maupun lemahnya motivasi mereka. Permasalahan motivasi belajar selalu menjadi hal yang menarik dan sulit untuk diatasi baik saat pembelajaran biasa dan apalagi saat pembelajaran daring. 

Dengan target yang jelas dan realistis, potensi yang ada tergali, rancangan strategi yang ciamik, serta komitmen yang kuat, harapannya permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 1 Cipari dapat teratasi. Tentunya hal ini bukan proses yang mudah. Tetapi dengan tingginya kemauan dan kemampuan guru yang juga berupaya melalukan coaching kepada siswa, maka selalu ada peluang untuk membuat iklim pembelajaran akan semakin baik.

Demikian juga dengan melakukan praktik pembelajaran dengan teman lain sebagai pengamat akan menjadikan pembelajaran yang semakin berkualitas. Di sini teman sejawat akan memberikan berbagai masukan yang sekaligus sebagai bahan bagi CGP untuk melakukan refleksi diri. Pembelajaran yang dilakukan melandaskan diri pada diferensiasi peserta didik. Diferensiasi ini bisa dilihat dari sisi konten, proses, maupun produknya.

Semangat selalu untuk para CGP yang terus belajar dan berbagi pengetahuan yang didapatkan selama pendidikan ini. Teruslah melakukan refleksi serta meminta umpan balik baik dari siswa, rekan sejawat, maupun pimpinan agar kompetensi yang dimiliki semakin meningkat dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Comments

Postingan Acak

Pengikut

Back To Top