Selasa, 20 April 2021

Pendampingan Individu 4 Hari Ke-3 CGP di SMA Negeri 1 Cipari

Pendampingan Individu 4 Hari Ke-3 CGP di SMA Negeri 1 Cipari



Pendampingan Individu 4 Hari Ke-3 CGP di SMA Negeri 1 Cipari

Hari selasa ini (20/04), jam 06.00 WIB pagi saya kembali ke Kabupaten Cilacap, tepatnya di SMA N 1 Cipari. Lagi-lagi sudah tidak lagi menggunakan google maps sebagai penunjuk jalan. Setengah 9 kurang sedikit saya sampai ke SMP N 1 Cipari untuk mengambil berkas yang kutitipkan minggu kemarin. Setelah bertemu dengan Bapak Ahmad Fathoni, selaku Kepala SMP N 1 Cipari, beserta Bu Mudiyatun Sawiyah dan Pak Imam Heriyanto, akhirnya sekitar jam 9 lebih 10 menit aku ke SMA N 1 Cipari.

Di SMA N 1 Cipari, saya bertemu terlebih dulu dengan Bapak Joko Sumarsono, selaku kepala sekolah yang sangat mendukung terhadap kegiatan pendampingan guru penggerak ini. Seperti biasa, saya memohon ijin untuk melakukan pendampingan serta memberitahukan agenda hari ini serta rencana lokakarya selanjutnya.

Selanjutnya, saya mengamati pembelajaran yang dilakukan oleh Bu Een Nuraeny dengan pengamat teman sejawatnya Bapak Sumaryo, Waka Sarpras sekaligus guru matematika. Materi yang diajarkan saat itu adalah bagaimana menulis puisi dengan pendekatan berbasis masalah yang dikemas dengan menonjolkan pembelajaran berdiferensiasi baik di konten, proses, maupun produk. Setelah pembelajaran, saya dan Pask Sumaryo mengulas hal-hal yang baik dan yang perlu diperbaiki dalam pembelajaran tersebut.

Agenda berikutnya adalah praktik coaching yang dilaksanakan sekitar pukul 13.15 WIB dengan Ibu Sri Lestari sebagai coachee-nya. Praktik coaching berlangsung dengan gayeng, meskipun ada yang perlu mendapat catatan misalnya si coach terpancing untuk memberikan solusi atau banyak memberikan contoh-contoh yang sebenarnya tak perlu dilakukan. Sebaliknya memang si coachee sangat berharap si coache ini untuk memberikan solusi-solusi bagi permasalahan/harapan yang akan dicapai. 

Di sinilah pintar-pintarnya si coach membuat berbagai pertanyaan yang memancing coachee agar muncul potensi yang dimilikinya, akhirnya membuat strategi serta membuat rencana aksi yang akan dilakukan. Dan perlu dipahami juga bahwa proses coaching ini akan terusa berjalan sampai harapan dari coachee tercapai. Coach di sini menjadi teman perjalanan yang memastikan bahwa apa yang dilakukan oleh coachee akan tercapai. 

Itulah sekilas catatan pendampingan individu 4 pada Bu Een Nuareny dari SMA N 1 Cipari. 
Salam guru penggerak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Comments

Postingan Acak

Pengikut

Back To Top