Minggu, 11 April 2021

Pendampingan 3 Pendidikan Guru Penggerak Cilacap

Pendampingan 3 Pendidikan Guru Penggerak Cilacap

Pendampingan 3 Pendidikan Guru Penggerak
Melewati Perkebunan Karet Menuju SD N Pegadingan 07 Cipari

Pendampingan 3 Pendidikan Guru Penggerak, sesuai jadwal pada tanggal 20 - 26 Maret 2021, telah terlaksana dengan baik. Ada 6 Calon Guru Penggerak (CGP) yang dikunjungi satu hari satu lokasi. Pendampingan ini seperti biasa akan diakhiri dengan lokakarya yang diselenggarakan tanggal 27 Maret 2021 di Hotel Fave Cilacap.

Enam guru yang dikunjungi berturut-turut adalah :

1. Imam Heriyanto di SMP Negeri 1 Cipari

2. Pambudi Dwi Laksono di SMA Negeri 1 Patimuan

3. Een Nuraeny di SMA Negeri 1 Cipari

4. Ibnu Affan di SMA Negeri 1 Bantarsari

5. Mudiyatun Sawiyah di SMP Negeri 1 Cipari

6. Triyanto di SD Negeri Pegadingan 07 Cipari

Tema pendampingan 3 ini meliputi : 1) Observasi Praktik Pembelajaran; 2) Diskusi pelaksanaan komitmen CGP dan kepala sekolah; 3) Diskusi komunikasi visi ke warga sekolah dan bagaimana tanggapan warga sekolah terhadap penyampaian visi; 4) Pertanyaan tentang capaian, tantangan dan upaya perbaikan pada implementasi modul 1.4, serta 5) Diskusi tentang pemetaan karakter murid di kelasnya (Modul 2.1).

Dalam pelaksanaanya, ada banyak hal lain yang didiskusikan selama pendampingan. Seperti penggunaaan blog pribadi sebagai wadah melaporkan tugas LMS, kendala-kendala pembelajaran online, learn how to learn, dan berbagai tema lain seputar pendidikan.

Dalam perjalanan dari Purbalingga sampai lokasi pendampingan, baru kali ini saya tidak menggunakan google maps dan rekor ternyata tidak nyasar. Dalam perjalanannya pun sudah mulai hapal dengan jalan alternatif seperti Purwokerto - Ajibarang - Darma Kradenan (yang beberapa kali keliru jalur di sini) - Cingebul (jalan alternatif yang baru kukenal). Intinya perjalanan semakin lancar dan cepat tanpa lagi berpatokan pada google maps.

Dalam pendampingan CGP ini ada hal baru yang selama ini tak terpikirkan, yaitu menitipkan barang di hotel sekaligus booking. Jadi, saat sampai Sidareja, tas yang berisi baju dititipkan pada resepsionis Hotel Paradise baru melanjutkan perjalanan ke Cipari. Demikian juga saat selasai pendampingan di hari Jumat, pagi hari sudah check out sedangkan tas berisi baju dititipkan untuk diambil saat siangnya. Dan memang mbak-mbak resepsionis menyarankan check out pagi agar siangnya tidak terlambat yang berakibat bisa kena cash lagi. Thx you pokoknya.

Pendampingan tersebut, tidak selamanya lancar, misalnya karena pagi ada rapat mendadak sehingga sampai SMA N 1 Cipari pukul 09.30, Bapak Joko Sumarsono selaku Kepala Sekolah, sudah berangkat ke Cilacap sehingga hari itu belum mendapatkan tanda tangan beliau. Sehingga pagi harinya, sebelum ke SMA N 1 Bantarsari, mampir dulu ke SMA N 1 Cipari yang berjarak 10 km dari hotel. Lumayanlah dapat bonus 2 x 10 km = 20 km sebelum ke SMA N 1 Bantarsari yang berjarak 16 km. Jadi pada hari ini, motor GTR 150 - ku setidaknya menempuh jarak 52 km.

Berikut ini foto-foto pendampingan dengan guru-guru hebat Cilacap, dengan berbagai karakteristik beserta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi ketika mereka bersatu ternyata menjadi super team yang luar biasa.

Pendampingan 3 Pendidikan Guru Penggerak Cilacap

Pendampingan 3 Pendidikan Guru Penggerak Cilacap

Pendampingan 3 Pendidikan Guru Penggerak Cilacap

Pendampingan 3 Pendidikan Guru Penggerak Cilacap

Pendampingan 3 Pendidikan Guru Penggerak Cilacap

Pendampingan 3 Pendidikan Guru Penggerak Cilacap








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Comments

Postingan Acak

Pengikut

Back To Top