Sabtu, 24 April 2021

Pendampingan Individu 4 Hari ke - 5 di SD N Pegadingan 07 Cipari

Pendampingan Individu 4 Hari ke - 5 di SD N Pegadingan 07 Cipari

Pendampingan Individu 4 Hari ke - 5 di SD N Pegadingan 07 Cipari

Pendampingan hari ke-5 ini menempuh jarak sekitar 14 km dari Hotel Paradise Sidareja Cilacap, tepatnya di SD Negeri Pegadingan 07 Cipari. Seperti bisa, perjalanan ke sana melewati hutan karet yang sangat teduh..sejuk...tapi ya lumayan sepi..dengan jalanan yang sedang proses perbaikan.

Sampai di sekolah, saya disambut oleh Bu Soimah, selaku kepala sekolah dan P Triyanto sebagai guru penggeraknya. Hadir juga Mbak Cyntya yang nantinya akan menjadi coachee saat praktik coaching.

Pendampingan Individu 4 Hari ke - 5 di SD N Pegadingan 07 Cipari
Saya, Pak Triyanto, dan Bu Soimah di SD N Pegadingan 07 Cipari

Dalam coaching kali ini bertemakan mengenai bagaimana mengatur waktu antara melakukan tugas sehari-hari sebagai guru dengan tugas tambahan yang diberikan sekolah. Hal ini tidak selalu menjadi mudah, ketika ada deadline yang bersamaan waktunya tugas mengajar. Memang, berbagai upaya telah dilakukan agar tugas mengajar dan tugas tambahan dapat berjalan beriringan. Misalnya dengan menukar jam mengajarnya dengan guru yang lain. 

Pendampingan Individu 4 Hari ke - 5 di SD N Pegadingan 07 Cipari
Praktik Coaching Pak Triyanto (sebagai coach) dan Mbak Cyntya (sebagai coachee)


Setelah dilakukan coaching, terbuka berbagai alternatif lain seperti koordinasi dengan kepala sekolah serta bidang lain yang berkaitan. Sehingga deadline yang menjadi "momok" serta membuat perancanaan pembelajaran bisa teratasi. Bagaimana selanjutnya apakah strategi yang dikupas saat coaching bisa berjalan dengan baik. Ditunggu kelanjutannya pada pelaksanaan coaching selanjutnya. Coaching diberikan bukan hanya satu kali, tetapi beberapa kali sesuai kebutuhan sampai permasalahan/targetnya tercapai.

Hal yang istimewa dalam pembelajara yang dilakukan oleh Pak Triyanto, selaku CGP, adalah beliau mempraktikkan pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial emosional mulai kelas I - VI. Beliau juga berani melakukan pembelajaran via online pada kelas rendah dan ternyata berhasil melakukannya. Menurut Bu Soimah, selaku kepala sekolah sekaligus sebagai observer, Pak Triyanto ini selalu melakukan pembelajaran yang bisa membuat siswanya terus bersemangat. Siswa diarahkan untuk melakukan praktik langsung meskipun dengan cara yang mandiri.

Setelah pendampingan selesai, kita otak-atik blog sekolah yang sementara beralamat di https://sdnpegadingan7cipari.blogspot.com. Untuk menjadi .sch.id berproses dulu ya.

Salam guru penggerak..

Salam Merdeka Belajar

2 komentar:

  1. Terimakasih Pak Arsyad atas bimbingan dan arahannya,semoga menjadikan saya bisa menjadi manusia yg bisa bermanfaat minimal bagi diri sy pribadi terutama untuk kemajuan pendidikan di sekolah kami. Salam dan Babagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Pak..saya nitip : https://www.sdnpegadingan07.sch.id/ untuk diisi dengan berbagai informasi dan layanan SD N Pegadingan 07,khususnya buat masyarakat yang tinggal di sekolah maupun pihak lain yang berkepentinga

      Hapus

Daftar Blog Saya

Comments

Postingan Acak

Pengikut

Back To Top