Jumat, 25 Juni 2021

Pendampingan 6 Guru Penggerak SMA N 1 Cipari Cilacap

Pendampingan 6 Guru Penggerak SMA N 1 Cipari Cilacap

Pendampingan Guru Penggerak SMA N 1 Cipari Cilacap
Pendampingan terhadap Ibu Een Nuraeny di SMA N 1 Cipari

Pendampingan individu ke-6 Calon Guru Penggerak kali ini diawali di SMA N 1 Cipari Cilacap (25/06). Pagi itu, saya agak datang terlambat karena sepanjang perjalanan dari Purbalingga - Cilacap langit dalam kondisi mendung, bahkan sempat kehujanan saat keluar dari jalan pintas Cingebul. Berhenti sebentar di sebuah mushola (kalau ndak salah di Cibenda, sebuah dusun kali ya?). 

Sampai di SMA N 1 Cipari, saya terlebih dulu bertemu dengan Bapak Joko Sumarsono, selaku kepala sekolah yang sangat mendukung kegiatan ini. Di sela-sela kesibukan dalam memantau PPDB hari ke-4 (terakhir) serta sedang mengikuti webinar, beliau berkenan untuk mendengarkan serta berbagi cerita beberapa hal.

Een Nuraeny, selaku CGP dalam pendampingan kali ini banyak bercerita mengenai kegiatan yang dilakukan dalam bulan ini. Seperti kegiatan debat dalam rangka PPDB, kunjungan ke rumah lebah serta menggerakan siswa untuk membuat laporan hasil observasi (LBO) serta teks prosedur yang dituangkan dalam bentuk QR Code. 

Kegiatan publikasi dengan QR Code di SMA Negeri 1 Cipari Cilacap ini selain untuk meningkatkan kreativitas dan kesadaran lingkungan, juga untuk memupuk keberanian dan kemampuan siswa dalam berliterasi sebagai upaya untuk mewujudkan pemimpin masa depan yang gemilang. Siswa ditantang untuk berani berkomunikasi dengan banyak orang serta mengungkapkan gagasan/pemikiran/pengamatannya dalam bentuk teks naskah maupun video presentasi/wawancara yang nantinya dituangkan dalam bentuk QR Code.

Tentunya, kegiatan ini bukan hal yang mudah karena adanya keterbatasan dalam melakukan tatap muka dengan siswa. Tetapi melalui kerja sama dengan berbagai pihak, khususnya dengan rekan guru lain, OSIS, siswa, serta dukungan orang tua kegiatan ini bisa berjalan meskipun saat pendampingan ini tentunyan masih berproses.

Dalam pendampingan individu ini, kita juga berdiskusi bagaimana melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program ini serta menyiapkan bahan-bahan aksi nyata yang akan dibawa pada lokakarya ke-7.

Selamat untuk Bu Een. Terus semangat dan terus bergerak untuk melakukan berbagai inovasi di SMA N 1 Cipari Cilacap.

Salam Merdeka Belajar.

Salam Guru Penggerak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Comments

Postingan Acak

Pengikut

Back To Top