Minggu, 16 Januari 2022

Pendaftaran Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 6 Purbalingga

Pendaftaran Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 6 Purbalingga

Akhirnya kabupaten Purbalingga mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan pendidikan guru penggerak (PGP) angkatan 6. Ada 2 peran yang dapat dalam perekruitmen tersebut yaitu menjadi calon guru penggerak (CGP) atau calon pengajar praktik (CPP).

Pendaftaran Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 6 Purbalingga
CGP = Guru Penggerak, CPP = Pengajar Praktik, CPP dari GP = Pengajar Praktik dari unsur GP DASUS = Daerah Khusus CPP dari PP A3 = Pengajar Praktik Dari Unsur Pengajar Praktik Angkatan 3

Keterangan :
  • 26 Kab/kota Menggunakan PP A3 —> CGP - PP dari PP-3
  • 36 Kab/kota Rekrut PP dari GP A1 atau A2 (rekognisi) --> CGP - PP dari GP-1 & 2
  • 94 Rekrut PP Reguler CGP dan CPP
Purbalingga, yang baru mendapat kesempatan pertama kali di angkatan ke-6 ini, tentunya belum memiliki Guru Penggerak sehingga seleksi pengajar praktiknya dilakukan secara reguler. Hal ini berbeda dengan kabupaten-kabupaten lain yang sudah melululuskan Guru Penggerak (GP), maka Pengajar Praktik (PP)-nya diambilkan dari alumni GP.

Lini Masa Pendaftaran

Pendaftaran Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 6 Purbalingga
Jadwal Seleksi CGP

Pendaftaran Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 6 Purbalingga
Jadwal seleksi CPP

Guru penggerak (GP) dan pengajar praktik (PP) memiliki peran yang berbeda, sehingga syarat perekruitmennya juga berbeda, meskipun ada persamaannya, yaitu salah satu PP juga berasal dari guru.

Keduanya memiliki peran yang berbeda, secara sederhana CGP itu yang dilatih, sedangkan PP itu sebagai pendamping. Selain ada pengajar praktik juga ada fasilitator dan narasumber. CGP yang lulus dan akhirnya menjadi GP nantinya akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi fasilitator dan juga nara sumber. Bahkan untuk menjadi assesor pun, guru penggerak pun diberi kesempatan.

Langkah-langkah pendaftaran dan seleksi

1. Mengakses dan login ke simpkb
2. Membuka menu program Guru Penggerak dan melakukan Registrasi Calon Guru
Penggerak melalui laman
https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak
3. Mengikuti tahapan seleksi Calon Guru Penggerak/Calon Pengajar Praktik
4. Melakukan
”ajuan” sebagai Calon Guru Penggerak/Calon Pengajar Praktik
Pendaftaran Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 6 Purbalingga

Teman-teman guru yang memiliki "jiwa penggerak" maupun yang masih merasa menjadi "guru biasa" silahkan untuk ikut berperan aktif dalam pendidikan guru penggerak (PGP) dengan mendaftarkan diri sebagai calon guru penggerak (CGP) maupun calon pengajar praktik (CPP). 
 
Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru. 
(lihat https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/detil-program/)

Melalui program ini diharapkan transformasi pendidikan di Indonesia akan lebih cepat lagi menjadi lebih baik demi terwujudnya pelajar profil Pancasila.

Selamat bergabung.
Buka SIM PKB Anda atau bisa lewat pencarian google, ketikkan GURU PENGGERAK, nanti akan diarahkan ke laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ yang berada pada pencarian paling atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Comments

Postingan Acak

Pengikut

Back To Top