Senin, 12 Oktober 2020

Kontinum Kematangan 7 Kebiasaan - Stephen R.Covey

 

Paradigma 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif menurut Stephen R. Covey bukanlah rumus yang terpisah-pisah tetapi terpadu yang memberikan arah pada perkembangan efektivitas pribadi dan antar pribadi.

Kontinum kematangan ini dimulai dari ketergantungan (dependence), menuju kemandirian (independence) hingga kesalingtergantungan (interdependence).

Ketergantungan adalah paradigma kamu. Kamu mengurus saya, kamu datang melalui saya, kamu tidak berhasil, dan saya menyalahkan kamu untuk hasilnya.

Kemandirian adalah paradigma saya, Saya dapat melakukannya, saya bertanggung jawab, saya percaya diri, dan saya dapat memilih.

Kesalingtergantungan adalag paradigma kita. Kita dapat melakukannya, kita dapat bekerja sama, kita dapat menggabungkan bakat dan kemampuan kita serta menciptakan sesuatu yang lebih besar bersama-sama. 

Kebiasaan 1, 2, 3 berhubungan dengan kemenangan pribadi, yang membawa orang-orang dari ketergantungan menjadi mandiri.

Kebiasaan 4, 5, 6 berhubungan dengan kemenangan publik, yang membawa orang-orang dari kemandirian menjadi kesalingtergantungan.

Kebiasaan 7 berhubungan dengan kebiasaan pembaharuan diri, yang melingkari dan memadukan semua kebiasaan lain.

Meskipun pada terdapat 7 kebiasaaan yang nampak berurutan, bukan berarti tiap tahapan harus dilakukan secara sempurna. Misalnya untuk mencapai kebiasaaan 4, 5, dan 6 tidak perlu berkutat bertahun-tahun pada kebiasaan 1,2, dan 3. 

Demikian juga kebiasan 7 memuat aspek fisik, mental spriritual, dan sosial/emosional harus terintegrasi dengan kebiasaan yang lain. 

Untuk lebih jelasnya, tunggu ya postingan berikutnya.


Referensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya