Selasa, 06 Oktober 2020

Mengubah Paradigma

 

Tak sengaja menemukan gambar seorang nenek peot..eh seorang gadis yang cantik...Ntah mana yang benar? Atau keduanya benar? Atau malah salah semua?

Gambar tersebut pertama kali saya lihat di buku 7 Kebiasaan Manusia Yang Sangat Efektif dari Stephen R. Covey yang membahas mengenai paradigma.

Dunia mungkin tetap yang berubah adalah cara kita memandang dunia. Hal ini akan mempengaruhi persepsi dan akhirnya menentukan bagaimana kita bersikap atau mengambil keputusan.

Melihat gambar di atas sebagai gadis cantik atau nenek tua adalah sudut pandang. Menjadi masalah sebenarnya ketika tidak mau mengubah sudut pandang untuk melihat gambar itu dari sisi lain.

Dan kita perlu menjelaskan dengan hati-hati, bagaimana kita menafsirkan gambar itu sebagai nenek tua misalnya. Jelaskan mana matanya, hidungnya, bibirnya, kerudungnya dan detil yang lain. Sedangkan yang dijelaskan pun tidak berusaha melakukan penolakan-penolakan.

Kita juga pernah mendengar kisah orang buta yang memegang gajah. Ada yang memegang tubuhnya, ada yang memegang ekornya, ada yang memegang belalainya dan bagian lain yang berbeda. Selanjutnya mereka punya persepsi yang berbeda tentang gajah itu. 

Tidak terlalu menjadi masalah, jika perbedaan penafisiran itu tidak membuat mereka merasa menang sendiri dan akhirnya malah bertengkar. Coba saja mereka saling mau mendengarkan. sangat mungkin akan membuat kesimpulan yang berbeda. Bahkan bisa jadi bersinergi untuk mendapatkan gambaran yang lebih utuh tentang gajah tersebut.

Bisakah kita melakukannya? Melihat berbagai sudut pandang agar lebih bijak dalam berpikir dan bertindak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya