Selasa, 20 Oktober 2020

3 Kesalahan Umum dalam Desain Slide


Slide yang buruk menjadi salah satu presentasi menjadi membosankan. Slide tersebut secara umum berisi teks yang rapat/panjang, penggunaan bullet, dan miskin visual. 

Banyak sih sumber referensi yang menyebutkan adanya kesalahan-kesalahan yang lain, misalnya pemakaian template standar, penggunaan clipart, slide yang seperti dokumen, animasi berlebihan dan lain-lain. Bahkan, ada sebuah buku yang khusus membahas 2 dosa  besar penggunaan powerpoint

Dalam postingan ini akan kita bahas 3 hal kesalahan umum dalam membuat desain slide.

  1. Menampilkan semuanya
  2. Bullet point
  3. Warna yang menyiksa

Berikut contoh slide yang buruk dengan kesalahan tersebut.
Slide menampilkan semuanya
Menampilkan semua informasi
Penggunaan bullet


Warna yang menyiksa

Mari kita bahas ke-tiga kesalahan umum tersebut.
Tidak semua informasi harus disampaikan dalam slide tetapi diganti dengan narasi yang diucapkan/direkam dari presenter. Ingin menampilkan informasi sebanyak-banyaknya malah bisa membuat presentasi membosankan atau tampilan sesak yang berakibat susah dibaca.

Demikian juga penggunaan bullet yang seolah-olah ingin menunjukkan, bahwa bagian yang ada bulletnya itu penting. Tetapi justru ketika semua dianggap penting akan menjadi pertanyaan, kalau semua penting manakah yang paling penting atau malah gak ada yang penting ya.

Penggunaan warna yang membuat audiens memicingkan matanya adalah indikasi bahwa keterbacaan slide tersebut rendah. Untuk itu hindari sekali paduan teks/konten lain yang bertabrakan atau kurang kontras dengan latar belakang/background slide.

Berikut ini contoh slide yang sudah diperbaiki (before dan after)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya