Selasa, 16 Februari 2021

Pengalaman Pertama Pementasan Naskah Drama

Pengalaman Pertama Pementasan Naskah Drama 

Pementasan Naskah Drama di SMP N 2 Pengadegan

Naskah drama berjudul "Ande-Ande Lumut" dipentaskan pada saat perpisahan kelas IX SMP N 2 Pengadegan, tepatnya Rabu  tanggal 3 Juni 2011. Para pemainnya adalah siswa-siswa kelas VII dan VIII (khususnya pengurus OSIS) dibawah koordinator Nurmiati Dewi yang waktu itu juga sebagai ketua OSIS (semoga tidak salah mengingat).

Drama Ande-Ande lumut itu merupakan penampilan pamungkas dari serangkaian kegiatan perpisahan yang dihadiri oleh orang tua/wali kelas IX, jajaran pemerintahan (Camat Pengadegan dan Kepala Desa Bedagas), UPT Pengadegan, Polsek Pengadegan, Koramil Kejobong dan Kepala SD/MI Bedagas dan sekitarnya. Meskipun tampil terakhir, pementasan drama tersebut disambut dengan sangat meriah. Bahkan naskahnya sempat diminta oleh salah satu kepala SD yang hadir.

Cerita Ande-Ande Lumut yang dipentaskan tentunya sudah diadaptasi beberapa bagian, seperti menghilangkan adegan Yuyu Kangkang yang mencium Klenting Kuning. Tetapi secara umum tidak menghilangkan adegan-adegan lain seperti pada cerita Ande-Ande Lumut.

Untuk mementaskan naskah Ande-Ande Lumut ini membutuhkan waktu yang relatif lama. Tidak cukup 1 bulan. Diawali dengan pembuatan naskah berdasarkan beberapa referensi baik yang berupa teks maupun video. Setelah itu mencari pemain yang berani untuk tampil. Karena memang banyak yang belum memiliki kepercayaan diri untuk tampil khususnya bermain drama. Dan saya sendiripun sama sekali tidak memiliki pengalaman untuk menyutradarai pementasan tersebut.

Dengan bantuan Bu Ratna dan Bu Tri yang juga sangat getol mendukung serta memberikan masukan sana-sini sehingga pementasan tersebut berlangsung dengan optimal. Karena memang saya fokus pada akting serta tata suara, sedangkan Bu Ratna dan Bu Tri pada busana para pemain. Tentunya kemudian saling memberi masukan sana sini. 

Saat pelaksanaan, memang betapa repotnya mengatur backsound serta berbagai lagu pengiring karena memang harus berkoordinasi dengan operator soundsystem. Akhirnya dengan masukan dari Pak Fahrudin, selaku Kepala Sekolah, laptop yang dipakai terhubung pada amplifier + pengeras suara yang berbeda sehingga tidak terganggu dengan soundsystem lain. 

Perpisahan SMP N 2 Pengadegan pada tahun 2011/2012 itu juga dimeriahkan oleh hiburan dari dari siswa-siswa kelas VII dan VIII dan juga IX.  Dari kelas IX ada  trio beranggotakan Suci Murtiana, Apriliani, dan Muji Riana. Ada juga penampilan dari guru yakni  Bu Tri, Bu Alfi, Bu Indri dan Bu Muningah.  Hiburan-hiburan yang ditampilkan ada yang berupa olah gerak lagu/dance, karaoke, menari, dan rebana (dari kelas VII C). Spesial dari OSIS menampilkan drama dengan judul "Ande-Ande Lumut". 

Dengan berbagai keterbatasan yang ada seperti pelaksanaanya di dalam ruang kelas bukan panggung di luar. Pelaksanaan perpisahan berlangsung dengan meriah dan tentunya juga pementasan naskah drama Ande-Ande Lumut tersebut.

Catatan :

Bagi alumni ataupun siapapun yang menginginkan beberapa dokumentasi kegiatan tersebut bisa hubungi saya ya?

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Comments

Postingan Acak

Pengikut

Back To Top