Kamis, 12 Maret 2020

Baca Buku Membangun Literasi Sains Peserta Didik

Judul Buku : Membangun Literasi Sains Peserta Didik
Penulis : Toharudin, Uus,.dkk
Hal : ix + 350
ISBN : 978-979-778-146-0
Penerbit : Humaniora
Tahun Terbit : 2011

Meskipun istilah literasi sains baru nge trend belakangan ini sebagai bagian dari 6 literasi dasar yang dicanangkan pemerintah, buku yang terbit tahun 2011 ini ternyata telah membahas dengan lengkap mengenai cara membangun literasi sains.

Di dalam buku Membangun Literasi Sains Peserta Didik ini dibahas hal-hal sebagai berikut :
Bab 1 Literasi Sains
Bab 2 Pembelajaran Sains
Bab 3 Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains
Bab 4 Model Pembelajaran Sains yang Membangun Literasi Sains
Bab 5 Perkembangan Peserta Didik
Bab 6 Menyusun Bahan Ajar Sains

Dalam buku tersebut (hal 8) dirumuskan konsep literasi sains yaitu kemampuan untuk memahami sains, mengkomunikasikan sains (lisan dan tulisan), menerapkan pengetahuan sains untuk memecahkan masalah sehingga memiliki sikap dan kepekaan yang tinggi terhadap diri dan lingkungannya dalam mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan sains.

Ruang lingkup literasi sains menurut PISA (2003) mencakup 3 hal yaitu konten sains, proses sains, dan aplikasi sains. Dalam konten/kandungan literasi sains ini peserta didik dapat menangkap sejumlah konsep kunci atau esensial untuk memahami fenomena alam tertentu dan perubahan-perubahan yang terjadi akibat aktivitas manusia. Dalam proses literasi sains dikaji mengenai kemampuan peserta didik dalam menggunakan pengetahuan dan pemahaman ilmiah untuk mencari, menafsirkan dan memperlakukan bukti-bukti. Dalam konteks literasi sains difokuskan pada permasalahan dalam kehidupan sehari-hari seperti isu dalam kehidupan secara umum yang mencakup bidang kehidupan dan kesehatan, bumi dan lingkungan, serta teknologi.

Buku ini dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan untuk membangun literasi sains peserta didik sampai bagaimana cara menyusun bahan ajar sampai menilai bahan ajar.

Selamat membaca.

Daftar Blog Saya

Comments

Postingan Acak

Pengikut

Back To Top