Jumat, 13 Maret 2020

Baca Buku Metodologi Penelitian Pendidikan IPA

Judul Buku : Metodologi Penelitian Pendidikan IPA
Penulis : Drs. Amiruddin Hatibe, M.Si
Tahun Terbit : September 2012
Penerbit : Suka-Press UIN Sunan Kalijaga
Jml Hal : xi + 250
ISBN : 978-979-8547-63-8

Di dalam buku Metodologi Penelitian Pendidikan IPA ini dibahas mengenai :
1. Hakikat Penelitian Pendidikan IPA
2. Populasi, Sampel, dan Instrumen Penelitian
3. Metode Penelitian
4. Pengolahan dan Analisis Data
5. Menyusun Laporan Penelitian (Proposal) dan Laporan Hasil Penelitian (Skripsi)



Penyusunan buku ini banyak terinspirasi dari gagasan berbagai buku seperti buku How to Design and Evaluate Research in Education (ditulis oleh  Jack R. Fraenkel dan Norman E.Wallen), buku Methode in Science Education Research (ditulis oleh Goode William dan Hatt Paul), Action Research Principle and Practise (ditulis oleh Niff) serta buku-buku lain yang sejenis.

Buku ini bisa dijadikan salah satu acuan bagi calon guru maupun guru IPA yang hendak melakukan penelitian dari yang sederhana sampai yang kompleks.

Dalam buku ini dijelaskan 2 buah pendekatan dalam penelitian IPA yang berfokus tentunya untuk memecahkan berbagai permasalahan praktis yang ditemukan serta menyusun kesimpulannya. Kedua pendekatan tersebut meliputi pendekatan positivistik dan pendekatan naturalistik. Pendekatan positivistik memandang bahwa suatu kenyataan itu berdimensi tunggal, fragmental, dan cenderung tetap. Sedangkan pendekatan naturalistik memandang dalam dimensi jamak, sistem, dan berubah atau terbuka.

Dari kedua pendekatan tersebut akan dihasilkan penelitian kuantitatif yang lebih bersifat hipotetika verifikatif serta banyak menggunakan statistik sedangkan dalam pendekatan kualitatif lebih banyak mengambil data secara langsung melalui wawancara maupun observasi.

Pada bab metode penelitian dibahas mengenai penelitian eksperimen dan penelitian ex post facto. Dalam penelitian eksperimen ini dihadirkan hubungan dua variabel atau lebih atau mencari suatu variabel terhadap variabel lainnya. Sedangkan penelitian ex post facto yang diartikan sebagai sesudah fakta, di sini ditunjukkan perlakuan atau manipulasi variabel bebas X yang telah terjadi sebelumnya sehingga peneliti tidak perlu memberikan perlakuan lagi tinggal melihat efeknya pada variabel terikat.

Pada bab akhir disajikan cara penyusunan proposal maupun laporan yang dapat dijadikan sebagai alur pikir ketika menyusun proposal atau laporan untuk kepentingan akademik seperti skripsi, laporan penelitian kelas, maupun laporan untuk diikutkan dalam lomba. Tentunya sistematikanya menyesuaikan dengan aturan yang ditentukan tetapi alur pikirnya bisa mengambil ide dari penjelasan pada buku ini.

Tunggu apa lagi, baca bukunya dan mulailah melakukan penelitian dari yang paling sederhana.

Daftar Blog Saya