Selasa, 24 Februari 2015

Mencerna Buku Teks Bahasa Inggris Melalui Pemahaman Gramatika

Mencerna Buku Teks Bahasa Inggris Melalui Pemahaman Gramatika
Mencerna Buku Teks Bahasa Inggris Melalui Pemahaman Gramatika yang ditulis oleh Drs. Tri Wiratno, M.A ini ditujukan untuk membantu mahasiswa dalam memahami dan mencerna teks yang berbahasa Inggris. Di dalam buku ini dijelaskan berbagai teknik dalam mencerna kalimat, paragraf dan perangkat-perangkat bahasa lain. Terutama teks-teks yang terkait dengan buku-buku ilmiah. Bagi yang berkeinginan menerjemahkan teks berbahasa Inggris ke Indonesi atau sebaliknya, buku ini bisa menjadi dasar yang kuat untuk memahami dan mencerna isi teksnya terlebih dahulu.

Sebelum bisa memahami atau mencerna teks bahasa Inggris, terlebih dulu kita memahami dulu berbagai bentuk gramatika, di mana bentuk-bentuk bahasa tersebut bukan bentuk yang berdiri sendiri, tetapi tidak bisa dilepaskan dari makna tekstualnya. Untuk itu kita harus menganggap bahwa bahasa bukanlah sekedar kumpulan kata-kata tetapi sebagai sebuah teks yang utuh,  Pertama dalam memahami kalimat dalam bahasa Inggris, tentukan dulu bagian subyek (subject), finite/Predikator (finite/predicator), pelengkap (complement), dan keterangan (adjunct). Sepanjang dan sekompleks apapun kalimatnya pahami bagian-bagian tersebut. Karena tanpa itu, kita akan kehilangan arah apa yang dimaksud oleh teks yang berakibat kegagalan dalam memahami teks tersebut apalagi menerjemahkannya. Secara umum subyek diduduki oleh kata benda atau kata ganti. Predikat ditempati oleh kata kerja, pelengkap ditempati oleh kata benda atau kata sifat, sedangkan keterangan diduduki oleh keterangan waktu, tempat maupun cara.

Berikutnya, dalam memahami dan mencerna teks, pemahaman mengenai tenses dalam bahasa Inggris mutlak diperlukan. Secara umum tenses dibagi menjadi 3 kategori utama, yaitu present (sekarang), past (lampau) dan future (yang akan datang). Masing-masing tenses itu dibagi menjadi empat, sehingga total terbentuk 12 tenses. Misalnya pada bentuk present dibagi lagi menjadi simple present tense, present continuous tense, present perfect tense, dan present perfect contunuous tense. Hal yang sama juga berlaku untuk bentuk past dan future. Tidak lucu bukan, jika sebuah teks bentuk past, dalam bayangan kita hal apa yang terjadi pada teks tersebut kejadian yang terjadi sekarang atau masa depan, demikian dan sebaliknya.

Mengenai kalimat, pahami juga bentuk-bentuknya. Berdasarkan perilaku subyeknya ada kalimat aktif dan kalimat pasif. Berdasarkan fungsinya ada kalimat deklaratif, kalimat tanya, kalimat perintah, dan kalimat seru. Kalimat tanya pun dibedakan menjadi kalimat dengan jawaban ya atau tidak atau kalimat yang membutuhkan jawaban bentuk informasi  (what/apa, when/kapan, where/di mana, why/mengapa, who/siapa, how/bagaimana). Nah ini yang lebih menantang, kalimat berdasarkan strukturnya, Ada kalimat simplek/sederhana dan kalimat kompleks/rumit. Kalimat kompleks ini terbagai menjadi kalimat kompleks parataktik/sejajar dan kalimat hipotaktik/tidak sejajar.

Selain kata maupun kalimat, pelajari juga klausa/kelompok kata dalam bahasa Inggris. Klausa ini dapat digolongkan menjadi klausa sifat, klausa benda, dan klausa keterangan. Klausa sifat bisa menerangkan orang, benda maupun alasan. Klausa benda dapat terbentuk dari berbagai kalimat seperti kalimat deklaratif, kalimat tanya, kalimat perintah maupun kalimat seru. Klausa keterangan bisa berupa klausa keterangan waktu, keterangan sebab, keterangan akibat, keterangan tujuan maupun keterangan bersyarat. Pemahaman mengenai klausa ini perlu dicermati agar dapat mencerna maupun menerjemahkan teks berbahasa Inggris dengan baik.

Hal-hal yang lain, seperti cara menganalisa dan menerjemahkan kalimat bahasa Inggris maupun teknik membacanya akan dibahas pada postingan yang lain. Untuk teknis yang lebih detail dalam memahami/mencerna teks berbahasa Inggris maupun menerjemahkan akan dikupas tuntas dalam blog lain yang sedang dipersiapkan. Saat ini masih berusaha mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bukan hanya buku-bukunya tetapi yang lebih penting lagi menyiapkan isi otak yang sekian lama tidak dijejali teks-teks berbahasa Inggris. Selamat belajar.

Daftar Blog Saya