Kamis, 26 Februari 2015

Mengapa Harus Baca Buku?

baca buku
Mengapa harus baca buku bisa jadi merupakan pertanyaaan yang tidak perlu dijawab. Tetapi ketika, pertanyaan tersebut tidak dijawab belum tentu semua bisa menjawab.  Untuk menjawab saja susah, apalagi untuk melakukan tindakan membaca buku.

Bagi yang suka membaca buku, banyak alasan yang diberikan kenapa dia melakukannya?
1. Bersenang-senang
2. Mengasah pikiran
3. Mengisi waktu luang
4. Mendapatkan informasi yang dibutuhkan
5. Mengasah kemampuan menulis
6. Melatih/meningkatkan konsentrasi
7. Mengasah kemampuan berbicara
8. Meningkatkan prestise
9. Menghadapi ujian
10. Terhindar dari kepikunan
11. Mengurangi stress
12. Mencari inspirasi

Dan tentunya masih banyak lagi, mengapa kita harus baca buku.
Ya..memahami alasan membaca buku bagi saya merupakan hal penting sebagai motivasi awal untuk tetap melakukannya. Kalau di Quantum Learning dikenal adanya AMBAK = Apa Manfaatnya Bagi Ku. Tanpa memahami manfaat yang akan diperoleh, tampaknya susah lah menjadikan membaca buku sebagai KESADARAN DIRI.

Bagi saya sendiri, membaca dan menulis merupakan satu paket. Ketika macet menulis, MEMBACA BUKU menjadi OBAT yang manjur. Meskipun belum bisa melakukan seperti yang bapak Hernowo lakukan, MENGIKAT MAKNA.

Pokoknya terus membaca. Buku dengan berbagai tema, Ketika mendapat kesulitan dalam memahami sebuah buku/teks, jadikan hal tersebut menjadi tantangan. Ada kalanya suatu buku harus dibaca berulang-ulang. Anggap saja buku tersebut ingin selalu dimanja. Ingin selalu ditimang-timang.


Daftar Blog Saya