Kamis, 26 Februari 2015

Mengembangkan Minat Baca di Sekolah

Mengembangkan minat baca di sekolah
Amati gambar ruang perpustakaan di samping. Gambar tersebut diambil pada jam 15.40. Tetapi ketika pengambilan gambar dilakukan pagi hari pun akan mendapatkan pemandangan yang hampir sama. Sebuah perpustakaan sekolah, yang minim pengunjung. Buku-buku tertata rapi karena jarang yang menyentuhnya.

Kejadian tersebut sangat menelisik hati penulis yang hampir tiap hari mengunjungi ruang perpustakaan, meski sekedar duduk, memanfaatkan ruangan yang nyaman, meja yang besar-besar yang enak buat mengetik sambil menjajarkan berbagai buku di atas meja tersebut.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya kita bisa mencoba untuk mengembangkan minat baca  siswa di sekolah. Setidaknya ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan :

Pertama, ciptakan rasa peduli kepala sekolah, guru, kepala perpustakaan dan petugas terhadap buku dan perpustakaan.

  • Peliharalah ruang perpustakaan agar menjadi nyaman
  • Tatalah buku sesuai klasifikasi/kelompoknya
  • Jaga ruangan agar tetap bersih
  • Beri anggaran khusus untuk menambah jumlah koleksi buku maupun menambah sarana dan prasarana lain.
Kedua, buatlah waktu  khusus pemanfaatan perpustakaan. Misalnya dengan menambahkan 1 jam per minggu, tiap kelas secara bergiliran ke perpustakaan. Berikan tugas pada siswa untuk membuat catatan mengenai apa yang dilakukan di perpustakaan, apa yang dibaca dan sebagainya. Yang terjadi, segelintir anak datang ke perpustakaan dalam waktu yang singkat (15 menit) saat istirahat, bolak-balik buku dan waktunya sudah habis. Atau ada anak yang terlambat disuruh belajar sendiri di perpustakaan.

Ketiga, lakukan promosi perpustakaan. Misalnya melalui lomba penelusuran referensi, lomba mading, maupun promosi buku-buku baru.

Keempat, jalinlah hubungan yang baik dengan segala pihak. Bisa dengan orang tua, dunia usaha di sekitar sekolah, instansi pemerintahan dan tidak kalah pentingnya perpustakaan daerah/wilayah/nasional.

Kelima, jadikan diri sendiri sebagai contoh bagi siswa/orang lain bahwa kita pun menjadikan membaca/mengunjungi perpustakaan sebagai kegiatan rutin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya