Jumat, 20 Februari 2015

Sakit Kepala : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit kepala, bisa hinggap pada siapapun. Bisa datang sewaktu-waktu. Sakit kepala bagi sebagian orang juga bisa menyebabkan stress. Mudah marah-marah. Padahal kalau sakit kepala terus marah-marah, bukannya berkurang tetapi malah kepala bertambah pusing tiada tara. Kalau sakit kepala alangkah baiknya, berinteropeksi diri, atur napas, berusaha untuk relaks. Kalau bisa berbaring, kendorkan semua saraf. Pasrah. Insya Allah sakit kepalanya akan berkurang. Itu pengalaman saya saja.

Sudah banyak buku yang mengupas tentang sakit kepala, tetapi buku yang berjudul 50 Rahasia Alami Mengobati Sakit Kepala yang ditulis oleh Raje Airey, bagi saya isinya bagus, praktis dan tipis. Ya kadang memang kita butuh buku-buku yang seperti itu. Praktis, tipis tapi memberikan solusi.

Penyebab sakit kepala ini sangat banyak baik yang bersifat psikologis maupun fisisologis. Datangnya sakit kepala, sebenarnya juga tidak datang secara tiba-tiba. Awalnya bisa dipicu oleh stress karena pekerjaan maupun keadaan emosional yang negatif (cemas, gelisa, marah, benci dan sejenisnya). Datangnya sakit kepala juga bisa diawali karena alergi makanan tertentu. Pemicu yang lain bisa karena kurangnya kadar gula darah, kurang kafein, kurang tidur, adanya racun dalam tubuh, ketergantungan gula maupun alkohol. Pengaruh lingkungan, misalnya cuaca panas, asap rokok, bau parfum, bau cat dan lain-lain juga bisa menjadi pemcu terjadinya sakit kepala.

Banyak cara untuk menghilangkan atau mengatasi sakit kepala. Cara yang konvensional yaitu minum obat, seperti aspirin maupun parasetamol. Celakanya jika kemudian kita mengalami ketergantungan pada obat tersebut. Bahkan bisa saja penyebab sakit kepala karena ketergantungan pada obat-obat sakit kepala. Karena itu, banyak orang yang beralih ke pengobatan alamiah yang minim resiko.

Pengobatan sakit kepala yang ditawarkan oleh buku tersebut adalah pengobatan yang didasarkan pada prinsip-prinsip holistik. Artinya pengobatan yang dilakukan didasarkan pada asumsi bahwa kesehatan itu tergantung pada keseimbangan antara faktor fisik, mental, emosi dan kesehatan jiwa. Apapun tekniknya, pengobatan tersebut lebih ke arah upaya penyembuhan diri sendiri. Seperti teknik pijat, shiatsu, pjat refleksi, herbal, aromaterapi maupun nutrisi. Selain itu , untuk mengurangi stress atau ketegangan bisa menggunakan teknik meditasi atau yoga, penyembuhan lewat reiki, kristal maupun warna.

Air putih juga cukup manjur untuk mengobati sakit kepala. Minumlah segelas air putih setelah bangun tidur. Karena air putih akan membersihkan ginjal dan mengeluarkan racun dari tubuh, Ketika sakit kepala mulai menyerang, minumlah setidaknya 2 gelas air putih. Kalau perlu tambahkan seiris jeruk lemon dan sumber vitamin C untuk memacu fungsi hati. Dan tentunya masih banyak teknik lain, seperti olahraga teratur, peregangan otot leher, yoga, pola makan yang sehat, camilan sehat dan solusi -solusi lain yang tidak berefek samping. Cobalah hidup dalam keselarasan dan kedamaian, gunakan obat-obatan alami ketika sakit kepala menyerang. Cari tahu pemicu timbulnya sakit kepala. Bisa saja misalnya karena terkena deadline pekerjaan, berarti kita harus mulai mereview jadwal kita agar sewaktu-waktu tidak terjadi seperti itu. Atau kalau tidak mungkin, setidaknya untuk tetap bersikap tenang, relaks, sambil menjaga pola makan yang sehat maka deadline apapun bisa kita jalani dengan lebih baik.

Demikian postingan mengenai sakit kepala : penyebab dan cara mengatasinya. Kami tunggu masukan maupun kritik dari pembaca sekalian. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Daftar Blog Saya